BAB I
PEMBAHASAN
MASALAH
1.
Kelebihan dan kelemahan teori Kognitivisme
A. Kelebihannya yaitu
:
menjadikan siswa lebih
kreatif dan mandiri; membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah.
B. Kekurangannya yaitu
:
teori tidak menyeluruh
untuk semua tingkat pendidikan; sulit di praktikkan khususnya di tingkat
lanjut; beberapa prinsip seperti intelegensi sulit dipahami dan pemahamannya
masih belum tuntas.
2.
Kekurangan
Dan Kelebihan Teori Behavioristik
A.
Kekurangan
Pembelajaran siswa yang
berpusat pada guru (teacher centered learning), bersifat meanistik, dan hanya
berorientasi pada hasil yang diamati dan diukur
Murid hanya mendengarkan
dengan tertib penjelasan guru dan menghafalkan apa yang didengar dan dipandang
sebagai cara belajar yang efektif.Penggunaan hukuma sebagai salah satu cara
untuk mendisiplinkan
siswa ( tori skinner ) baik
hukuman verbal maupun fisik seperti kata – kata kasar , ejekan , jeweran yang
justru berakibat buruk pada siswa.
B.
Kelebihan
Sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan pembiasaan
yang mengandung unsure-unsur seperti kecepatan, spontanitas, kelenturan,
refleks, dan daya tahan.
Contoh :
Percakapan bahasa asing,mengetik,menari,berenang,olahraga.
Cocok diterapkakn untuk melatih anak-anak yang masih membutuhkan dominasi peran orang dewasa, suka mengulangi dan harus dibiasakan, suka meniru dan senang dengan bentuk-bentuk penghargaan langsung seperti diberi hadiah atau pujian.
Cocok diterapkakn untuk melatih anak-anak yang masih membutuhkan dominasi peran orang dewasa, suka mengulangi dan harus dibiasakan, suka meniru dan senang dengan bentuk-bentuk penghargaan langsung seperti diberi hadiah atau pujian.
Dapat dikendalikan melalui
cara mengganti mengganti stimulus alami dengan stimulus yang tepat untuk
mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan, sementara individu tidak menyadari bahwa ia dikendalikan
oleh stimulus yang berasal dari luar dirinya
3.
Kelebihan dan kekurangan teori belajar
sibernetik
Menurut Budiningsih 2005,
kelebihan dari teori belajar sibernetik sebagai berikut :
a. Cara berpikir berorientasi pada proses lebih menonjol
b. Penyajian
pengetahuan memenuhi aspek ekonomis
c. Kapabilitas belajar dapat disajikan lebih lengkap
d. Adanya
keterarahan seluruh kegiatan belajar kepada tujuan yang ingin dicapai
e. Adanya transfer belajar pada lingkungan kehidupan yang sesungguhnya
f. Control belajar (conten control, pace control, display control, dan
conscious cognition control) memungkinkan belajar sesuai dengan irama masing –
masing individu (prinsip perbedaan individual terlayani)
g. Balikan
informative memberikan rambu – rambu yang jelas tentang tingkat untuk kerja
yang telah dicapai dibandingkan dengan unjuk kerja yang diharapkan.
2. Kekurangan
Teori sibernetik
sebagai teori belajar sering kali dikritik karena lebih menekankan pada system
informasi yang akan dipelajari, sementara itu bagainama proses belajar
berlangsung dalam diri individu sangat ditentukan oleh system informasi
yang dipelajari. Teori ini memandang manusia sebagai pengolah informasi,
pemikir, dan pencipta (Pask dan Scott, dalam budiningsih, 2005).
Teori aliran ini dikritik
karena tidak secara langsung membahas tentang proses belajar sehingga
menyulitkan dalam penerapan. Ulasan teori ini cenderung ke dunia psikologi dan
informasi dengan mencoba melihat mekanisme kerja otak. Karena pengetahuan dan
pemahaman akan mekanisme ini sangat terbatas maka terbatas pula kemampuan untuk
menerapkan teori ini..
4.
Kekurangan Dan Kelebihan Teori Humanistik
A. Kelebihan:
·
Bersifat pembentukan kepribadian,hati nurani,perubahan sikap,analisis
terhadapfenomenasocial.
·
Siswa merasa senang,berinisiatif dalam belajar.
·
Guru menerima siswa apa adanya,memahami jalan pikiran siswa.
B. Kekurangan:
·
Bersifat individual.
·
Proses belajar tidak akan berhasil jika tidak ada motivasi dan lingkungan
yangmendukung.
·
Sulit diterapkan dalam konteks yang lebih praktis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar